Sabtu, 14 Juli 2018

Foto : Pixabay.com


Pernahkah Anda menyadari berapa banyak surat dalam Al-Quran yang Anda ingat di luar kepala? Sebagai orang dewasa yang ditelan kesibukan, terkadang hal ini luput dari hal-hal yang diprioritaskan oleh orang dewasa. Apalagi pada kenyataannya, kebanyakan orang tetap merasa baik-baik saja meski mendirikan shalat dengan membaca surat-surat pendek yang itu-itu lagi.

Begitu pula yang pernah saya rasakan sebelumnya. Setiap kali shalat, saya lebih sering membaca beberapa surat pendek yang itu-itu lagi karena memang cuma surat itu yang saya hafal. Entah kenapa, selama ini saya nyaman-nyaman saja melakukannya.

Sampai di suatu hari, si Sulung yang biasa saya panggil 'Kakak' tiba-tiba saja mulai sering terlihat menghafal beberapa surat panjang dalam Juz 30 tanpa saya suruh sebelumnya. Rupanya diam-diam si Kakak terinspirasi dari acara menghafal Al-Quran di salah satu stasiun TV yang ditontonnya saat bulan Ramadahan lalu. Hal ini pula yang membuat saya malu dan mulai termotivasi untuk ikut menambah hafalan saya.

Tapi rupanya mengingat kemampuan menghafal yang menurun seiring bertambahnya usia, saya merasa cukup kesulitan, karena sesudahnya, beberapa ayat baru yang saya coba hafalkan akan terlupa hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Sampai secara tak sengaja, saya menemukan video Youtube tentang panduan menghafal Al-Quran milik Wardah Mansur (anak dari Ust. Yusuf Mansur). Saya mencoba salah satunya dan ternyata cara itu cukup efektif. So, berikut urutan langkah-langkahnya yang sudah saya modif sesuai kenyamanan saya.

Langkah ke-1 : Perbaiki Niat
Sebelum mulai menghafal, saya perbaiki lagi niat saya hanya untuk mengharap ridho-Nya. Bukan untuk pamer, apalagi kebut-kebutan hafalan dengan si Kakak.

Langkah ke-2 : Mendengarkan Murrotal Al-Quran
Saat mendengarkan murrotal, saya juga ikut mengucapkannya beberapa kali. Bagi saya ini penting untuk menghindari kesalahan dalam membaca tajwid.

Langkah ke-3 : Mengulang Satu Ayat Sampai 60x
Hah... apa enggak kebanyak tuh, kalau harus dulang sampai 60x? Tapi justru ini jurus pamungkasnya. Hal ini pula yang saya ambil dari tips menghafalnya Wardah Mansur. Saya coba praktekkan dengan mengucapnya berulang-ulang sampai 60x dan rupanya cara ini efektif untuk saya.
Karena saya tidak rutin menghafal setiap hari, biasanya saya akan melanjutkan ayat selanjutnya dengan jeda beberapa hari ke depan. Rupanya Alhamdulillah, dengan cara ini hafalan saya pada ayat-ayat sebelumnya tidak hilang seperti saat saya menghafal dengan cara lain.

Jadi bagaimana menurut Anda?
Semoga saja tips di atas bisa bermanfaat dan senang sekali rasanya jika Anda mau berkomentar tentang tulisan ini.


8 komentar

Setuju mbak menghafal quran itu memang harus sering diulang. Kalau nggak sering diulang pasti bakalan lupa

REPLY

Iya, Mbak Antung. Apalagi buat orang dewasa yang lebih banyak lupa daripada ingetnya :D

REPLY
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat :D

REPLY

kak itu dibaca 60x sekali duduk, dalam artian dalam sesaat langsung dibaca 60x atau bisa dicicil, misal setelah subuh, 30x trus nanti setelah duhur 30x. trims ?.

REPLY

Alhamdulilah dapat ilmu baru menghafalkan Al-Quran. Selama ini saya suka menghafalkan satu surat sekaligus. dibaca setiap hari setealh subuh dan Murrotal.

Aku coba teknik ini, semoga konsisten dan nggak banyak godaan. hehehe

REPLY

Kalau saya lebih efektif dibaca per ayat diulang-ulang sampai 60x sekali duduk, Mba. Alhamdulillah jadi lebih nempel di kepala 😊

REPLY

Alhamdulillah.. semoga bermanfaat ya Mba. Hiks saya juga belum konsisten ini.

REPLY

Coretan Eva . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates