Langsung ke konten utama

Frisian Flag Kenalkan Kebaikan Susu Lewat Karakter Edukatif Pertamanya, Zuzhu dan Zazha

Pada fase pertumbuhan, seorang anak memerlukan berbagai macam nutrisi untuk membantu proses tumbuh kembang, salah satunya bisa dipenuhi dengan meminum susu. Susu memiliki banyak manfaat penting untuk tubuh, di antaranya :

1. Kesehatan tulang dan gigi
    Sebagai sumber kalsium, susu amat diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan minum susu teratur sejak kecil, akan membuat tulang seseorang dapat mencapai kepadatan optimalnya saat usia 25-30 tahun.

2. Melawan penyakit  dan depresi
    Susu dapat mengurangi migrain dan kolesterol serta menjaga tekanan darah. Vitamin D yang dikandungnya dapat memproduksi hormon serotonin yang berkaitan dengan suasana hati dan kualitas tidur.

3. Sebagai sumber energi
    Vitamin dan mineral dalam susu dapat menyegarkan tubuh setelah seharian beraktivitas.



Terinspirasi dari tetesan susu yang memiliki banyak manfaat kebaikan, tepatnya Minggu, 29 September 2019 lalu, Frisian Flag Indonesia meluncurkan dua tokoh animasi pertamanya, Zuzhu dan Zazha. Hadir dengan dua pilihan rasa stroberi dan coklat dalam ukuran 115 ml dan 180 ml, dua karakter berbentuk e-comic dan animasi film pendek ini mengisahkan berbagai cerita inspiratif dan edukatif yang bertujuan menanamkan kebiasaan baik sejak dini.

Pada kesempatan itu, Ibu Aliah Shalihah selaku Head of Ready to Drink Category Frisian Flag  Indonesia mengutarakan bahwa sebagai perusahaan yang konsisten berinovasi lewat rangkaian produk susu berkualitas dan terjangkau, Frisian Flag Indonesia juga memanfaatkan teknologi dan digitalisasi yang saat ini lekat dengan anak-anak. Dengan menghadirkan sosok Zuzhu dan Zazha diharapkan dapat menjadi alternatif konten edukasi menarik bagi anak, guna menanamkan budi pekerti yang baik, membiasakan pola hidup sehat sejak dini sekaligus mengenalkan susu sebagai pilihan minuman sehat dan aman.




Selain itu, hadir pula psikolog, Ibu Putu Andini, M.Psi yang menyetujui pemanfaatan animasi sebagai medium untuk membentuk karakter anak dengan cara yang menyenangkan. Karena ketika anak memasuki masa middle childhood (antara usia 6-12 tahun), faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak semakin meluas, bukan hanya orang tua, teman, guru, namun konten atau hiburan yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi.

Sebagai psikolog, Ibu Putu Andini juga menganjurkan kepada orang tua agar dapat mendampingi anak dalam menikmati konten animasi dengan cara :

1. Pastikan e-comic dan film animasi sesuai dengan usia anak
2. Cari tahu dan cermati terlebih dahulu gambaran singkat mengenai kisah dan karakter
3. Fokus dan arahkan anak saat membaca e-comic dan menonton film animasi
4. Ajak anak berdiskusi setelah membaca e-comic dan menonton film animasi

Menurutnya pula, agar anak dapat menghayati karakter positif pada sebuah konten animasi seperti sifat kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria dan sebagainya- orang tua wajib mendampingi secara intens saat anak menonton konten animasi. Sehingga tetap ada pengawasan serta menjadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak.




Menurut animator Indonesia, Bambang Gunawan Santoso yang juga hadir saat itu turut berbagi pengalamannya tentang bagaimana karakter animasi dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak.
"Dari segi visual, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak. Pemilihan alur cerita juga penting sebagai nyawa untuk menyampaikan pesan baik yang dikandung agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Langkah ini pula yang dipakai Frisian Flag Indonesia dalam menciptakan dan mengembangkan karakter dan cerita Zuzhu dan Zazha." ungkap pria yang akrab disapa Mas Bambi ini.

Dalam rangka memperkenalkan karakter Zuzhu dan Zazha kepada lebih banyak anak Indonesia, Frisian Flag Indonesia menjalin kemitraan dengan Alfamart sebagai salah satu jaringan ritel ternama di Indonesia. Produk Frisian Flag Milky ini juga telah tersedia di lebih dari 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Selain itu, Frisian Flag Indonesia bersama Alfamart menggelar aktivitas lomba menggambar dan mewarnai yang melibatkan lebih dari 16.000 anak di 16 kota di seluruh Indonesia dan mendapatkan penghargaan dari rekor MURI.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Orang-Orang Bloomington

Untuk para pecinta buku dan sastra, pasti sudah hapal dengan sosok penulis buku satu ini, yaps, buku yang ditulis oleh penulis kenamaan Indonesia yaitu Budi Darma ini berjudul Orang-Orang Bloomington yang berisi kumpulan cerpen yang terinspirasi dari pengalaman penulis sendiri selama tinggal di Amerika terutama saat tinggal beberapa saat di Bloomington. Cover Buku Orang-Orang Bloomington Cerpen-cerpen di dalamnya memuat alur yang menarik dengan ending mengejutkan dan saya pun berusaha membuat resensinya yang ketika itu berhasil dimuat Koran Jakarta pada tanggal 30 November 2016. Oh iya, waktu mengirim resensi ini, judul awal saya buat sebagai Kompleksitas Masa Tua dan Nurani Manusia dan oleh pihak koran diedit sedikit untuk judulnya.  Berikut isi draft resensinya : Kompleksitas Konflik Kehidupan Manusia Bagi sebagian besar orang, kesepian dan seorang diri di masa tua menjadi momok menakutkan dalam hidup. Padahal jika direnungi lebih lanjut, pada hakikatnya menjadi tua adalah suatu keni

Kampanye #KejuAsliCheck Mengedukasi Cara Tepat Memilih Keju

Pertama kali membaca tagar #KejuAsliCheck di sosial media, jujur saya sempat tertegun dan bertanya-tanya sendiri, apa benar ada keju yang tidak asli.  Meski begitu, kampanye #KejuAsliCheck ini terdengar unik dan menggelitik saya untuk mencari tahu lebih jauh perihal keaslian sebuah keju. Sempat kepikiran juga apakah merk keju yang biasa saya dan keluarga konsumsi termasuk keju asli atau tidak. Jadi bikin kepo-lah intinya. Cari tahu lebih lanjut, saya pun baru tahu kampanye #KejuAsliCheck ini berasal dari keju KRAFT sebagai brand keju unggulan di Indonesia (Loh, loh, ini mah merk keju favorit saya). Keju KRAFT pun sebelumnya telah melakukan survei kepada konsumen. Dan hasilnya lebih dari 61% konsumen tidak mengetahui bahwa produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Dari hasil survey ini pula, keju KRAFT menghadirkan kampanye #KejuAsliCheck agar para ibu bisa lebih  aware  dalam membaca label pangan pada kemasan keju terutama keju cheddar yang memang sanga

Dongeng Aku dan Kau dan Stimulasi Positif Tumbuh Kembang Anak

Setiap kali mendengar kata dongeng, saya akan langsung teringat dengan masa kecil dulu, saat-saat di mana ibu saya telaten membacakan dongeng sebelum tidur. Hal itu menjadi kebiasaan setiap malam dan lama kelamaan menjadi ritual wajib saya sebelum tidur. Saat ibu tidak sempat mendongeng, saya akan merasa tidak bisa tidur dan tetap menunggu di atas kasur sampai dongeng dibacakan.  Jadilah Bapak atau salah satu kakak saya akan membacakannya bergantian setiap kali ibu tak bisa. Selain bercerita tentang kisah para nabi, beberapa dongeng seperti Dongeng Kancil dan Pak Tani,  Gadis Kecil Berkerudung Merah, Boneka Pengupas Kacang adalah beberapa judul yang sering ibu bacakan setiap malam.  Dan acara virtual siaran pers bersama Dancow dengan tema Indonesia Mendongeng pada Kamis, 2 September lalu kembali mengingatkan saya pada masa kecil dulu yang erat dengan buku dan cerita.  Dan setelah peluncurannya pada 15 tahun lalu, Nestle Dancow kembali menghidupkan program dongeng Aku dan Kau untuk memb