Senin, 09 Maret 2020


Musim hujan kembali datang.. brrr dingin dan mager, itu yang sering terlintas di kepala saya tiap kali teringat tentang musim hujan. Tapi faktanya mam, selain hawa dingin yang bikin mager, ternyata hujan yang turun terus menerus dan genangan air sesudahnya di sepanjang jalan, bisa menjadi surga loh untuk nyamuk berkembang biak dengan leluasa. Hal ini pula yang menyebabkan penyebaran DBD banyak terjadi saat musim hujan.

Biasanya bagi kebanyakan orang, termasuk saya pun kalau sering kehujanan, kondisi tubuh pun menjadi tidak fit. Nah saat imun tubuh berkurang, saat itulah si virus DBD ini masuk menyerang tubuh kita. Karena sistem imun tubuh pada anak-anak belum sempurna, hal ini juga yang menyebabkan penyakit DBD lebh sering menyerang pada anak.

Nyamuk Aedes Aegypti (foto:wikipedia.com)
DBD itu sendiri adalah kepanjangan dari Demam Berdarah Dengue yang disebabkan oleh infeksi virus DBD di tubuh kita yang disebarkan lewat gigitan nyamuk betina jenis Aedes Aegypti.

Gejala DBD pada awalnya berupa :

  1. Demam tinggi mencapai 40 derajat celcius
  2. Muka berwarna kemerahan
  3. Sakit kepala
  4. Rasa nyeri di seluruh tubuh
  5. Radang tenggorokan
  6. Rasa nyeri di bagian belakang mata
Sebagai ibu dari dua anak yang sedang aktif-aktifnya, saya pun memilih untuk rajin bersih-bersih rumah. Karena nih mam, rumah dan lingkungan yang bersih bisa ikut mencegah penyebaran penyakit ini. Jangan lupa juga untuk rutin menguras bak mandi sedikitnya satu minggu sekali, menutup wadah penampungan air, tidak menimbun barang bekas dan sesekali melakukan fogging. 

Sebagai pertolongan pertama saat anak terkena demam, di rumah saya juga selalu sedia obat penurun demam langganan keluarga kami yaitu Termorex. Jadi saat anak-anak diserang demam, selain minum air putih yang banyak, saya juga memberikan Termorex agar demam anak segera turun.

Karena tidak ada sekolahnya untuk menjadi seorang ibu, saya pun berusaha meng-upgrade diri dengan cara sering mencari bahan referensi untuk menambah ilmu pengasuhan anak dan kesehatan keluarga. Di akun IG @panduanbunda ini misalnya, banyak banget info tentang pengasuhan anak dan kesehatan keluarga yang bisa saya dapat.

Dari akun @panduanbunda pula saya baru tahu tentang siklus penularan penyakit DBD ini. Berawal dari nyamuk yang menghisap darah manusia penderita DBD lalu nyamuk tersebut menggigit manusia lainnya, setelah itu nyamuk betina tersebut mengandung telur yang sudah terinfeksi virus DBD yang lalu ditetaskan dan berkembang biak pada genangan air. Karena itu sangat penting untuk menguras wadah penyimpanan air agar bisa memotong siklus penyebaran nyamuk ini, mam.

Genangan air menjadi surga bagi nyamuk DBD berkembang biak (foto:pixabay.com)
Pada akhirnya pun, seorang ibu yang memiliki pengetahuan banyak akan bisa melindungi keluarganya lebih banyak lagi. So, untuk para mami kece di luar sana, jangan bosan untuk terus belajar dan bersih-bersih rumah demi keluarga tercinta, ya.

Nah, untuk info lanjut mengenai gejala DBD, mam bisa mengunjungi Social Media Panduan Bunda di bawah ini :

- Instagram : @panduanbunda
- Facebook : https://www.facebook.com/panduanbunda/
- Official Website : https://www.panduanbunda.com
- Twitter : https://twitter.com/panduanbunda

Atau bisa langsung kunjungi web Panduan Bunda yang bisa langsung di klik di sini atau dengan klik link berikut : https://panduanbunsa.com/articles/index/waspada-inilah-gejala-demam-berdarah-dengue-dbd-pada-anak





11 komentar

setuju bun. emang klo udah jadi ibu itu pengetahuannya harus luas biar bisa selalu mengantisipasi dan mengatasi

REPLY

Terimakasih updatenya..😊
Akan sangat bermanfaat sekali,semoga kita semua sadar akan kebersihan lingkungan

REPLY

Semangat terus ya Mah,selalu berikan yang terbaik 💗💗

REPLY

Makasih infonya semoga bermanfaat utk org lain krn mencegah lebih baik dari pada mengobati

REPLY

Trm ksh infonya ya,semoga bermanfaat buat orang lain

REPLY

Makasih sharing ya bunda..
Sangat bermanfaat sekali..

REPLY

Harus antisipasi ya mom karena musim hujan memang identik dengan Dbd yaa

REPLY

Panduan Bunda emang bantu mom buat ga panik, aku langganan baca

REPLY

Di Websitenya panduan bunda ini pasti banyak sekali informasi yang menarik termasuk penyakit DBD ya bun, biar kita bisa paham

REPLY

Tetap waspada dan berdoa semoga kita selalu diberi kesehatan ya..

REPLY

Coretan Eva . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates