Jumat, 27 Maret 2020




Bangun tidur, tidur lagi...
Bangun lagi, tidur lagi...
Banguuun, tidur lagi...

Masih ingat dengan lirik lagu di atas ya, teman-teman? Saat mendengarnya, saya jadi teringat dengan kondisi banyak orang yang saat ini memiliki banyak waktu untuk stay di rumah aja demi menjalani lockdown karena pandemi virus COVID-19. Termasuk pun saya dan keluarga.

Lockdown diberlakukan oleh pemerintah dengan tujuan menahan laju penyebaran virus COVID-19 yang dalam beberapa minggu terakhir ini penderitanya meningkat drastis di Indonesia. Pengertian lockdown itu sendiri merupakan kondisi di mana orang tidak diizinkan masuk atau meninggalkan suatu area secara bebas karena keadaan darurat.

Berkaca dari negara-negara lain yang dilanda virus ini lebih awal, penetapan lockdown terbukti mampu menahan laju penyebaran virus ini yang begitu cepat. Saat lockdown diberlakukan, banyak kegiatan mulai dari urusan pekerjaan, sekolah dan beribadah disarankan untuk dilakukan dari dalam rumah. Hal ini membuat virus tidak mudah berpindah dari satu individu ke individu lainnya.

Mengalami lockdown belum pernah terlintas di pikiran saya sebelumnya. Anak usia sekolah termasuk sulung saya pun sudah seminggu lebih ini menjalani kegiatan belajarnya dari dalam rumah. Tidak ada lagi acara main ke rumah teman atau sekedar jajan bolak-balik ke warung atau mini market terdekat seperti hari-hari sebelumnya.

Saat ini momen kumpul bersama keluarga menjadi hal yang paling dirindukan (foto:dokpri) 


Mengingat manusia adalah makhluk sosial, pastinya berada di rumah terus menerus tanpa kegiatan berkumpul, bermain atau sekedar ngobrol bareng akan membuat siapapun merasa bosan dan stress, ya mak. Ditambah lagi derasnya arus informasi tentang penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas, membuat banyak orang mudah menjadi panik, stress dan cemas.

Padahal rasa bosan, stress dan panik dapat menyebabkan imun tubuh berkurang dan berujung pada kondisi tubuh yang tidak fit. Sebagai ibu rumah tangga, untuk saat ini menjaga kesehatan jasmani dan rohani adalah prioritas saya.

Jangan sampai ya, seorang ibu yang seharusnya mampu merangkul dan memberi kekuatan pada keluarga di tengah kondisi seperti saat ini, harus jatuh sakit dikarenakan tidak bisa mengelola suasana hatinya.

Nah, untuk menghindari hal itu, saya punya beberapa tips kegiatan yang cocok mengusir rasa stress dan jenuh selama menjalani lockdown.

4 Kegiatan Anti Bosan Saat Menjalani Lockdown


1. Jalani Hobi

Hampir setiap orang tentunya memiliki hobi atau hal yang disukai untuk dijalani. Saat melakukan hobi, seseorang akan merasa lebih senang dan bahagia. Hati yang senang akan memperkuat imun tubuh untuk menangkal virus-virus dan penyakit yang datang.

Dalam hal ini, hanya berlaku untuk hobi yang bisa dilakukan dari dalam rumah saja ya, mak. Karena hobi saya adalah menulis dan membaca, saya pun bisa melakukannya di rumah secara leluasa. Tumpukan buku yang belum sempat terbaca, bisa mulai dibaca sedikit demi sedikit. Selesai menulis pun, hati terasa lebih plong dan pikiran jadi lebih tenang.


2. Beribadah dan Mendekat Kepada-Nya

Hal satu ini tetap harus jadi prioritas ya, mak. Karena saya seorang muslim, selain salat lima waktu, ibadah mengaji dan berdzikir banyak-banyak bisa membuat hati merasa tenang dan tawakkal. 

Berdzikir pun bisa dilakukan di tengah-tengah aktivitas saya melakukan kerjaan beberes rumah, memasak dan lain sebagainya. Insya Allah sesudahnya hati jadi lebih tenang menghadapi kondisi seperti saat ini.

3. Lakukan Olahraga di Rumah

Selain melakukan hobi dan beribadah, berolahraga ternyata ampuh membuat rileks tubuh dan pikiran loh, teman-teman. 

Jadi ceritanya, beberapa saat sebelum lockdown berlaku, saya tengah memiliki kebiasaan baru yang ternyata sangat menyenangkan untuk dilakukan secara rutin yaitu olahraga. Berawal dari rasa kaku dan pegal di punggung setiap kali bangun pagi, saya pun iseng mencoba beberapa gerakan peregangan tubuh berbekalkan video dari Youtube. Enggak nyangka sih, ternyata cara ini berhasil mengusir sakit punggung yang saya rasakan bertahun lamanya. 

Sekarang tiap bangun pagi, badan terasa lebih fresh tanpa rasa pegal dan kaku di punggung yang cukup menyiksa. Saya pun jadi ketagihan untuk terus 'bergerak' di rumah. Berlanjut mencari aneka video tutorial olahraga di rumah, memilahnya sesuai gerakan yang saya suka dan melakukannya sebanyak 5-6 kali dalam seminggu.

Cukup bermodal niat, matras dan dumbell 3 KG, olahraga jadi sangat menyenangkan (foto:dokpri)


Cukup 30 menit dalam sehari. Saat tubuh nggobyos oleh keringat dan degup jantung berdetak kencang, entah kenapa saya merasa sangaat bahagia. Seakan ada energi positif yang mengelilingi saya. Sesudahnya pun, tubuh berasa sangat FRESH dan ringan. 

Kegiatan ini sudah saya lakukan hampir 8 minggu lamanya. Sekarang selain melakukan latihan HIIT dan cardio, saya mulai selingi latihan beban dengan dumbell seberat 3 KG. Dan ternyata, it's really really really fun.

Dan karena target melangsing bukan jadi prioritas saya lagi saat berolahraga, saya pun tidak merasa terbebani untuk melakukannya secara rutin. Karena setelah beberapa waktu, saya baru tahu kalau target menjadi langsing hanya memperberat langkah saya untuk konsisten melakukannya.

4. Mandi Parfum

Selesai olahraga, rasanya wajib pake banget untuk mandi lagi. Tubuh yang lengket dan basah oleh keringat, paling cocok dibasuh dengan yang wangi-wangi dan nyegerin suasana hati. 

Bagi saya sih, ya, ini perpaduan yang sempurna banget sih. Saat tubuh sedang gerah-gerahnya, berdiam diri sejenak untuk meredakan keringat dan menurunkan suhu panas tubuh sisa olahraga tadi, lalu pergi ke toilet untuk melakukan mandi parfum, rasanya nyesss segerr banget membasuh sekujur tubuh yang lengket dengan varian sabun mandi dari Vitalis. 

Tunggu deh, Vitalis itu bukannya parfum aja ya? Memang sekarang ada sabun mandinya?

Sekedar info ya, teman-teman. Vitalis sejak pertengahan 2019 lalu sudah mengembangkan expertisenya di bidang parfum ke dalam produk Body Wash. Kebanyakan orang nih termasuk saya, saat memilih sabun mandi selain mencari tahu tentang manfaatnya pasti juga melihat dari aromanya, ya. Nah, Vitalis yang sangat memahami parfum tentunya mampu memberikan pengalaman mandi yang spesial dan berbeda.

3 Varian Vitalis Body Wash (foto:dokpri)

3 Varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Setiap varian sabun mandi dari Vitalis memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh mulai dari Skin Nourishing, Skin Brightening dan Skin Refreshing. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash variannya ada 3 macam yaitu White Glow, Fresh Dazzle dan Soft Beauty yang semuanya memiliki harum yang tahan lama dan mampu memberikan sensasi mandi berbeda dari sebelumnya.


1. White Glow

Varian dengan kemasan berwarna merah muda ini wanginya beraroma fruity yang manis dan lembut. Wewangiannya dibuat dari campuran Cherry dan Raspberry, ditambah dengan wangi Marshmallow dan Gardenia juga kombinasi Woody dan Suede membuatnya terasa glamor dan tahan lama.

Dengan manfaat Skin Brightening-nya, varian ini memiliki ekstrak Licorice dan Susu yang membuat kulit jadi terlihat lebih cerah, terasa halus dan lembut setelah pemakaian. Saya nge-fans banget sama wanginya.



2. Fresh Dazzle

Sabun dengan manfaat Skin Refreshing ini paling jago bikin kulit tubuh terasa segar, halus dan lembut. Kemasannya berwarna hijau toska. Untuk varian ini, sabunnya dibuat dengan tambahan ekstrak dari Yuzu Orange dan juga Green Tea yang mengandung anti oksidan.

Wewangiannya yang segar dibuat dengan campuran wangi Bergamot, Floral Bouquet serta Musk Amber yang membuat wanginya bertahan lama. Saya juga nge-fans banget sama wangi varian sabun ini.



3. Soft Beauty

Dari kemasan aja, saya udah sukaaa mengingat ungu salah satu dari beberapa warna favorit saya. Aromanya dibuat dari campuran Fruity Aldehydic, Rose dan Violet yang dibalut manisnya wangi dari Tonka Bean dan Sandalwood. Saat pertama kali mencium aromanya, saya pun langsung jatuh cinta. Hmm gimana ya, wanginya itu loh, terasa unik, spesial dan so relaxing. 

Varian yang ini memiliki manfaat Skin Nourishing dengan ekstrak Alpukat dan Vitamin E dijamin deh kulit akan terasa kenyal, halus, lembut dan wangi. Jujur ya, ini varian favorit saya dan saya kasih bintang lima untuk varian Soft Beauty dari Vitalis ini. 

Semua varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash, kemasan tutup botolnya berupa flip-top yang mudah banget untuk dibuka-tutup. Cairan sabun pun dijamin enggak akan terbuang percuma karena bisa diatur sesuai pemakaian.




Daftar Harga Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Vitalis memiliki beberapa kemasan dengan ukuran berbeda ya, teman-teman. Mulai dari botol kemasan 100 ml dengan rentang harga Rp 9.000-an, juga kemasan 200 ml kisaran harga Rp 18.000-an. Selain itu, Vitalis juga ada kemasan isi ulang dengan ukuran 250 ml seharga Rp 14.000-an dan ukuran 450 ml dengan harga Rp 25.000.

Selain wanginya yang mewah, sabun mandi Vitalis juga mengandung High Quality Mosturizer yang ampuh banget ngembaliin kelembaban kulit saya setelah berolahraga atau setelah beraktivitas seharian di rumah. Saat mandi, saya lebih suka menuang cairan sabun ke atas puff, kasih sedikit air, seketika busanya berlimpah dan sensasi mandi mewah pun segera didapat. 

Jadi, tubuh saya yang rasanya segerrr banget abis olahraga tadi, lalu mandi parfum pakai Vitalis Body Wash, rasa segernya jadi berkali-kali lipat dari biasanya. Kalo enggak percaya, teman-teman cobain deh olahraga lalu mandi pake Vitalis Body Wash ini, kalau langsung jadi ketagihan sesudahnya. 

Tetap Semangat, Ikhtiar dan Berdoa


Nah teman-teman semua, semoga berkenan ya dengan tips dari saya barusan. Semoga saja mampu mengusir jenuh dan stress selama di rumah menjalani masa-masa lockdown. 

Doa saya, semoga Indonesia cepat pulih, virus COVID-19 lekas punah dari negara kita dan negara-negara lainnya, serta kita semua bisa beraktivitas lagi seperti biasa dan juga beribadah dengan tenang dan khidmat selama Ramadan tanpa rasa was-was dan khawatir.

Karena sejatinya selalu ada hikmah dibalik semua kejadian. Cheers dan semangat terus, teman-teman.
















23 komentar

Bagus bget va link nya,sukses yaa,nnt mau de coba vitalis buat mandi..uda ada yg di alfa..kpn2 blh dong buatkan po tentg herbalife,he he he.

REPLY

Keren cuùuyyy jd mau coba vitalis

REPLY

Maa syaa Allah...
Jazaakillaah khair tipsnya mb Eva, ditunggu tulisan selanjutnya😘

REPLY

Harumnya itulloh...

Seggerrrrrr...

Info yg bermanfaat bungiitt 😊

REPLY

Yes, mandi parfum salah satu caraku menghadapi kebosanan saat harus diam di rumah mba .
Anak-anak sampe ikutan mandi berendam pake Vitalis. Hehe

REPLY

Dari ke empat kegiatan diatas aku sih udah lakuin semua, memang di waktu lockdown ini bisa banyak waktu, terutama ibadah bisa khusyuk.

REPLY

Semua tips di atas sudah saya lakukan, Mbak Eva. Dan Alhamdulillah ampuh mengusir rasa bosan selama masa pembatasan sosial ini. Semoga virus corona segera berakhir ya, Mbak, dan kita bisa beaktivitas normal lagi. Aamiin.

REPLY

Tips ini emang manjur banget di saat harus di rumah seperti ini ya, Kak. Kalau saya tambah satu lagi neh, ngabisin kue bikinan anak-anak, soalnya tiap hari bikin kue.

REPLY

Baca intronya, langsung ikutan nyanyi kayak Mbah Surip. Hehehe. Yg jelas selama karantina mandiri kami sekeluarga lebih aware sama kesehatan, lebih rajin ngaji, dan bisa juga nih karena banyak aktivitas di rumah jadi lebih rajin mandi, pakai sabun Vitalis.

REPLY

Setuju..sejatinya selalu ada hikmah di balik semua kejadian ya . Maka stres mesti diusir jauh-jaug, syukuri , nikmati dan pilih solusi usir stres dengan mandi pakai vitalis ini

REPLY

Aku juga pake ini mbak dan paling suka warna hijau
Semoga corona segera berlalu yaa, udah kangen banget janjalan hahaha

REPLY

KOk kita sama sih mbak. Aku juga usir jenuh dan stress saat di rumah aja ini dengan mandi pake vitalis body wash

REPLY

Keren nih idenya dari pada stress mikir gak bisa kemana mana mending manjakan diri dengan vitalis body was aja

REPLY

biarpun lock down yg penting tetap wangi ya. saya sih masih ada jadwal kerja 😊

REPLY

Poin yang aku susah banget untuk olahraga mb ya ampun bisa-bisa abis lockdown badan entah sebesar apa ya, hihih daripa pusing mikirin berat badan mending cobain mandi pakai vitalis ini ya katanya harum banget kaya parfum mahal

REPLY

semakin dirumahaja semakin gak teringat mandi mba hahahaha
sabun vitalis emang bagus banget ya?

REPLY

Wah, jadi ingat deh kalau dumbell di rumah sudah lama banget deh teronggok di sudut kamar. Besok mulai olahraga lagi ah supaya badan semakin fit. Kan ikhtiar terus hidup sehat, ya. Nanti kalau keringetan, ya tunggu keringet kering, lalu mandi deh pakai Vitalis Body Wash.

REPLY

Tips yang no. 4 aku sudah praktekan mba, mandi parfum . Lumayan bisa ngurangin bosan saat-saat seperti seperti ini. Aku pakai fresh Dazzle

REPLY

Aku juga lagi hobi olahraga nih mbak, paling minimal 15 menit aja sambil berjemur jam 10, gak mau rugi hehehe berasa banget badan lebih enteng, tidur lwbih nyenyak, dan tentunya daya tahan tubuh meningkat ya

REPLY

Saya asik mandi aja nih Mbak Eva...coz gerah juga kan yaa harinya...fyuhh... Alhamdulillah ada Vitalis Body Wash bs tetap wangiiiii

REPLY

Di rumah tuh banyak bgt yg bisa dilakuin, cuma kadang pada belum nemu yg pas buat mereka yaa..

Aku pribadi santuy2 aja ada social distance maupun lockdown, emang betah di rumah, hahahah

REPLY

Sama kakak saya juga pakai Vitalis Perfumed Mouisturizing Body Wash ini wanginya harum dan semua varian saya suka enakbtop banget lah Vitalis ini

REPLY

Bener bgt nih, drpd pergi k mn2, mending metime aja ya pk vitalis body wash. Harum nya menenangkan, bikin stress hilang. Hehehe ..

REPLY

Coretan Eva . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates