Langsung ke konten utama

Kehangatan Blogger Day 2022 ; Bloggercrony Rangkul Lebih Banyak Blogger Pemula, 3 Sesi Webinar Bergantian Seru dan Menyenangkan

Tidak bermaksud untuk mengkotak-kotakkan, tapi aku sebagai blogger pemula yang masih harus banyak belajar sangat senang menerima email berisi undangan event BloggerDay 2022 dari Bloggercrony.

Blogger mana sih yang tidak tahu kemeriahan acara tahunan Bloggercrony ini? 

Yang aku tahu, sebelum pandemi datang, Bloggercrony selalu mengadakan kopdar nasional tahunan yang diikuti oleh 100 blogger pilihan. Saat Blogger Day itu berlangsung, beragam acara seru akan digelar, mulai dari seminar bertema dunia blogging dan digital yang bisa membantu para blogger untuk #ScaleUpYourSkill, aneka games, door prize serta tak ketinggalan spot acara yang unik dan menarik.

Tahun-tahun sebelumnya, aku kerap kali ketinggalan info dan telat mendaftar untuk mengikuti event besar ini. Rugi banget karena kesempatan selalu hilang, bahkan di saat aku belum berusaha untuk mencoba mendaftar di acara ini. 


Tapi untungnya, untuk event tahun ini #7thBloggercrony, aku tidak terlewat info lagi dan bisa tergabung sebagai peserta event Blogger Day 2022, yeayy, I'am so lucky.

Hari yang ditunggu pun, datang juga. Blogger Day 2022, acara tahunan Bloggercrony sekaligus untuk memperingati hari kelahiran komunitas ini menjadi wadah bersama para blogger baik newbie ataupun senior bisa berkumpul sekaligus untuk #ScaleUpYourSkill.

Acara di tanggal 27 Februari 2022 ini dimulai tepat jam 10 pagi secara virtual. Meski virtual, tentunya tidak mengurangi rasa antusias untuk mendapat banyak ilmu dan pengalaman baru di event ini. Kendala teknis yang ada di awal acara, ditangani secara cepat oleh panitia event sampai akhirnya kami semua sebanyak lebih dari 130 blogger bisa berkumpul dalam satu ruang zoom yang sama. 

Rundown Acara Blogger Day 2022

Dimulai dengan sesi sambutan dari para founder Bloggercrony, Mbak Wardah Fajri, Mas Satto Rajji dan juga beberapa tim dari Bloggercrony. Karena sinyal yang saat itu tidak stabil, aku sempet ketinggalan beberapa waktu, masuk zoom, keluar lagi, begitu terus sampai beberapa kali. Dan berhasil sign-in stabil di zoom tanpa keluar masuk lagi saat sesi Mbak Wardah Fajri sedang berbicara. Beliau sangat welcome, humble dan murah senyum. Ini pertama kali aku melihat Mbak Wardah melakukan speech. Kesan pertama, berasa adem aja gitu kalo liat Mbak Wardah lagi bicara.

Sesi selanjutnya berlanjut dengan 3 sesi webinar yang dihelat bergantian, yaitu :
1."Dunia Digital: Metaverse & Kejahatan Berbahasa" oleh Anwari Natari dan Tuhu Nugraha
2."Blogging: Organik vs Monetisasi" oleh Matahari Timoer dan Joe Chandra
3."Bisa Yuk! Gali Potensi Terbaikmu!" oleh Tsurayya Syarif Zain

Mbak Febria Silaen, Host Blogger Day 2022

Selama mengikuti ke-3 sesi webinar di atas, jujur kok tumben aku tidak merasa bosan atau mengantuk, apa karena aku sudah jatuh hati dengan pembawaan tim Bloggercrony yang disela-sela sesi webinar tadi terus menyapa dengan beragam sapa dan senyum hangat, ditambah adanya sesi kuis, sesi menyanyi yang sangat menghibur dan juga banyaknya doorprize sepanjang acara.

Seharian itu, awalnya aku pikir akan merasa capek dan membosankan, tapi pikiran itu terbantahkan saat acara Blogger Day 2022 berlangsung.

Pembawaan host oleh Mba Febria Silaen yang asik, lucu dan mampu menghidupkan suasana, lalu para narasumber yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing tapi juga enggak kaku selama memberikan materi ditambah para moderator dari tim BCC yang juga cakap dalam "melempar umpan" ke para narasumber, tektokannya tuh asik banget antara narasumber dan moderator, jadi bikin suasana ke-3 webinar tadi, berkualitas dan lebih hidup, enggak ngebosenin gitu. Euhh greget seneng deh, pokoknya. 

Sesi Webinar Pertama, Dunia Digital : Metaverse dan Kejahatan Berbahasa

Sempat aku mikir, padahal ini virtual event loh, tapi kenapa rasanya bisa seseru ini. Gimana kalo event-nya offline, bertemu langsung, bertatap muka, ngobrol bersama seperti di tahun-tahun sebelum pandemi, meski lebih seru lagi. Semoga tahun depan bisa ikutan, Aamiin.

Dan yang lebih bikin surprise lagi, semua peserta acara, rata mendapat hadiah. Selain souvenir cantik berupa pin dan sticker yang diproduksi oleh Cera Production, ada juga e-wallet dan kaos BCC Squad berwarna hitam yang bikin mupeng yang dibagikan ke beberapa peserta blogger yang beruntung.

Omong-omong soal souvenir di acara #7thBloggercrony, pin dan kaos BCC Squad yang diproduksi Cera Production memang beneran bagus dan berkualitas. 

Pin dan Sticker Cantik untuk Peserta Blogger Day 2022

Karena memang Cera Production ini adalah perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi. Perusahaan ini juga memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun pula, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi dan juga dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia. Jadi, sudah terbukti ya dengan track record perusahaan ini yang sangat berpengalaman. 

Bisa jadi rekomendasi nih, kalau teman-teman ada yang mau bikin souvenir kantor atau seminar kit kantor, seragam kerja atau kebutuhan cetak lainnya, langsung aja hubungi Cera Production untuk diproses lebih lanjut.

Filosofi nama Bloggercrony


Dulu, awal-awal mengetahui Komunitas Bloggercrony Indonesia, saya sempat membatin dan bertanya-tanya sendiri tentang nama Bloggercrony yang terdengar unik di telinga. 

Nah, PakLur Satto Rajji sempat memberi bocoran tentang sejarah kenapa komunitas ini dinamakan Bloggercrony. 

Awalnya beliau sempat memiliki ide lain untuk menamakannya Bloggercolony, tapi setelah bertapa di bawah kolong tempat tidur berhari-hari, akhirnya diputuskan untuk menggunakan nama Bloggercrony untuk komunitas ini. 

PakLur juga menjelaskan ; karena sejak tahun 1998, istilah kroni di Indonesia itu tone-nya negatif. Padahal arti sebenarnya kroni itu adalah kawan dekat, sahabat dekat atau sahabat karib. Jadi maksud dari nama Bloggercrony selain ingin menjadi sahabat dekat para blogger, juga ingin merevitalisasi kata Kroni di Indonesia ke arti sebenarnya yang ternyata positif, begitu ya.

Susunan Kepanitiaan Blogger Day 2022

Dan tanpa terasa, acara #7thBloggercrony yang dimulai dari jam 10.00-17.00 pun sampai di akhir acara. Virtual tapi berasa enggak virtual, alias nyata, berasa kehangatan dan ketulusan para pendukung acara ini sampai ke hati pesertanya.

Dan fix ya, jejak rasa 7 tahun Bloggercrony Community memang benar meninggalkan rasa yang mendalam ke hati aku karena pembawaan para founder dan tim yang sangat welcome dan juga hangat. 

Maju terus BCC sampai ke-10 tahun, 50 tahun, 100 tahun bahkan kalau bisa sampai ke-1000 tahun. Dari generasi ke generasi. Dari emak bapak blogger, sampai ke cucu cicit blogger nantinya.

Lope lope you, BCC.


Sesi Foto Bersama di Akhir Acara







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Orang-Orang Bloomington

Untuk para pecinta buku dan sastra, pasti sudah hapal dengan sosok penulis buku satu ini, yaps, buku yang ditulis oleh penulis kenamaan Indonesia yaitu Budi Darma ini berjudul Orang-Orang Bloomington yang berisi kumpulan cerpen yang terinspirasi dari pengalaman penulis sendiri selama tinggal di Amerika terutama saat tinggal beberapa saat di Bloomington. Cover Buku Orang-Orang Bloomington Cerpen-cerpen di dalamnya memuat alur yang menarik dengan ending mengejutkan dan saya pun berusaha membuat resensinya yang ketika itu berhasil dimuat Koran Jakarta pada tanggal 30 November 2016. Oh iya, waktu mengirim resensi ini, judul awal saya buat sebagai Kompleksitas Masa Tua dan Nurani Manusia dan oleh pihak koran diedit sedikit untuk judulnya.  Berikut isi draft resensinya : Kompleksitas Konflik Kehidupan Manusia Bagi sebagian besar orang, kesepian dan seorang diri di masa tua menjadi momok menakutkan dalam hidup. Padahal jika direnungi lebih lanjut, pada hakikatnya menjadi tua adalah suatu keni

Kampanye #KejuAsliCheck Mengedukasi Cara Tepat Memilih Keju

Pertama kali membaca tagar #KejuAsliCheck di sosial media, jujur saya sempat tertegun dan bertanya-tanya sendiri, apa benar ada keju yang tidak asli.  Meski begitu, kampanye #KejuAsliCheck ini terdengar unik dan menggelitik saya untuk mencari tahu lebih jauh perihal keaslian sebuah keju. Sempat kepikiran juga apakah merk keju yang biasa saya dan keluarga konsumsi termasuk keju asli atau tidak. Jadi bikin kepo-lah intinya. Cari tahu lebih lanjut, saya pun baru tahu kampanye #KejuAsliCheck ini berasal dari keju KRAFT sebagai brand keju unggulan di Indonesia (Loh, loh, ini mah merk keju favorit saya). Keju KRAFT pun sebelumnya telah melakukan survei kepada konsumen. Dan hasilnya lebih dari 61% konsumen tidak mengetahui bahwa produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Dari hasil survey ini pula, keju KRAFT menghadirkan kampanye #KejuAsliCheck agar para ibu bisa lebih  aware  dalam membaca label pangan pada kemasan keju terutama keju cheddar yang memang sanga

Dongeng Aku dan Kau dan Stimulasi Positif Tumbuh Kembang Anak

Setiap kali mendengar kata dongeng, saya akan langsung teringat dengan masa kecil dulu, saat-saat di mana ibu saya telaten membacakan dongeng sebelum tidur. Hal itu menjadi kebiasaan setiap malam dan lama kelamaan menjadi ritual wajib saya sebelum tidur. Saat ibu tidak sempat mendongeng, saya akan merasa tidak bisa tidur dan tetap menunggu di atas kasur sampai dongeng dibacakan.  Jadilah Bapak atau salah satu kakak saya akan membacakannya bergantian setiap kali ibu tak bisa. Selain bercerita tentang kisah para nabi, beberapa dongeng seperti Dongeng Kancil dan Pak Tani,  Gadis Kecil Berkerudung Merah, Boneka Pengupas Kacang adalah beberapa judul yang sering ibu bacakan setiap malam.  Dan acara virtual siaran pers bersama Dancow dengan tema Indonesia Mendongeng pada Kamis, 2 September lalu kembali mengingatkan saya pada masa kecil dulu yang erat dengan buku dan cerita.  Dan setelah peluncurannya pada 15 tahun lalu, Nestle Dancow kembali menghidupkan program dongeng Aku dan Kau untuk memb