Langsung ke konten utama

Ramadhan Tiba, Bebelac Luncurkan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan

Ramadhan segera tiba, banyak persiapan dilakukan untuk menyambutnya. Selain kesiapan jasmani dan rohani, kebanyakan ibu termasuk aku tentunya tak lupa menyiapkan stok bahan makanan untuk sahur dan berbuka.

Namun ada yang berbeda di Ramadhan tahun ini. Anak bungsuku akan mulai kukenalkan dengan aktivitas ibadah puasa. Jika tahun sebelumnya si kecil hanya ikut hadir saat sahur dan berbuka, untuk tahun ini pelan-pelan mulai aku ajak mencoba berpuasa. Bertahap dan sesuai kemampuan si kecil tentunya.

Selain waktu yang tepat untuk mengajak anak mengenal ibadah puasa, momen Ramadhan juga bisa menjadi ajang untuk lebih mengenalkan kebaikan dan kebiasaan berbagi pada si kecil. Seperti Gerakan Anak Hebat yang diluncurkan BEBELAC untuk menyambut bulan Ramadan tahun ini. 


Tepatnya Kamis, 17 Maret 2021 lalu, BEBELAC menunjukkan komitmennya lagi dengan program Gerakan Anak Hebat untuk mendukung pertumbuhan optimal anak-anak Indonesia menjadi anak-anak yang sehat, pandai, berani serta memiliki kebaikan hati dan jiwa sosial yang tinggi. 

Webinar Peluncuran Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan diisi dengan beberapa narasumber yaitu Samanta Elsener, M.Psi, seorang Psikolog Anak dan Keluarga, Anissa Permatadhieta Ardiellaputri sebagai Marketing Manager dari BEBELAC, dan Putri Titian sebagai Mom Influencer & Ibu Hebat BEBELAC, tak lupa
mengundang juga rekan media, blogger dan para BebeMom sebagai partisipan.

Pandemi memang masih berjalan dan memberi tantangan tersendiri bagi anak Indonesia. Adanya social distancing membatasi interaksi anak dan lingkungan serta teman sebayanya yang ikut mempengaruhi tumbuh kembang si kecil secara optimal. Namun orang tua tetap harus memberikan stimulasi kreatif pada anak agar keterampilannya tetap terasah.


Lebih lanjut Anissa Permatadhieta Ardiellaputri sebagai Marketing Manager dari BEBELAC menjelaskan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan diadakan berbarengan dengan momen datangnya bulan suci Ramadhan sebagai langkah pertama kehebatan si kecil, berbagi kebahagiaan dengan anak-anak lain yang membutuhkan dalam bentuk asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang serta stimulasi yang sesuai.

Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan

Gerakan Anak Hebat dari BEBELAC mewakili tiga nilai karakter yaitu anak yang pandai, berani dan memiliki kebaikan hati. 

Melalui kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan anak-anak Indonesia agar menjadi anak-anak yang tidak hanya aktif, sehat dan pandai, tetapi juga memiliki kebaikan hati dan jiwa sosial yang tinggi.

Selanjutnya Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener, M.Psi, juga menjelaskan bahwa setiap anak memiliki potensi menjadi anak yang hebat. Tugas orang tua membekali si kecil dengan kemampuan kognitif dan sosial emosional dengan memberi stimulasi yang sesuai agar anak memiliki keterampilan yang lengkap serta tumbuh menjadi anak yang pandai, berani dan baik hati. Di masa yang menantang ini, tentunya orang tua harus lebih kreatif dalam menciptakan berbagai aktivitas yang juga dapat memberikan stimulasi untuk anak.


Selain itu Samanta juga menambahkan bahwa Bulan Ramadhan merupakan salah satu momen tepat sebagai langkah awal mengajarkan nilai-nilai pendidikan seperti kebersamaan, ikatan keluarga, kesabaran dan empati, dimana nilai-nilai tersebut menjadi alasan yang mendasari untuk berbagi kebaikan. Orang tua bisa menjadi contoh dalam berbuat kebaikan dimulai dari hal yang sederhana, misalnya dengan mencontohkan perbuatan kebaikan bersama saudara sekandung di rumah atau mengajarkan makna kebaikan dengan membuat pesan dukungan yang positif kepada teman-teman. 

Lebih jauh Samanta menjelaskan bahwa rasa berbagi dan berkeinginan untuk berbuat baik adalah perilaku yang dapat dipelajari dan dipupuk sedari dini dimana si kecil sudah dapat diarahkan serta diberikan contoh untuk berbagi dimulai dari orang-orang terdekat. Berbuat baik juga memiliki dampak yang positif terhadap tumbuh kembang anak, yaitu menimbulkan rasa bahagia dan percaya diri dalam diri anak, seperti anak merasa dibutuhkan dan dihargai, anak terlatih untuk berpikir secara objektif terhadap kondisi orang lain dan dirinya serta terlatih untuk menumbuhkan empati, yang dapat menjadi modal dasar di masa depan kelak.

Pengalaman mengasuh anak di masa pandemi juga dibagikan oleh Mom Influencer sekaligus Ibu Hebat BEBELAC, Putri Titian. Kekhawatirannya sebagai seorang Ibu akan tumbuh kembang si kecil juga dirasakannya, terutama di masa golden age ini dan adanya social distancing dan mininmya interaksi anak dengan teman sebaya-nya. Namun begitu, dirinya pun tetap berusaha mencari inspirasi yang dapat merangsang stimulasi anak melalui cara kreatif baru dan menarik untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal walaupun di saat pandemi.

Tentang Paket Anak Hebat dalam Program Gerakan Anak Hebat BEBELAC

Menginjak tahun kedua BEBELAC bekerja sama dengan Kitabisa, BEBELAC ingin berbagi kebaikan dengan memberikan sebagian hasil keuntungan penjualan produk BEBELAC GUM (BEBELAC 3/4/5) selama Ramadhan berupa paket bingkisan Kebaikan Anak Hebat yang akan disalurkan ke ratusan panti asuhan yang tersebar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. 

Paket Anak Hebat mewakili tiga nilai inti program Gerakan Anak Hebat yaitu :

1.Happy heart yang diwujudkan dalam bentuk boneka lembut berbentuk binatang yang dapat memberi rasa aman, rasa terlindungi pada anak seakan menggantikan posisi orang yang disayangi.

2.Happy brain yang diwujudkan dalam aktivitas stimulasi berbentuk kegiatan seni.

3.Happy tummy berupa paket nutrisi untuk kebutuhan zat gizi dan nutrisi lengkap pada tumbuh kembang anak. 

Ketiga benda ini dapat membantu stimulasi perkembangan si kecil agar tumbuh menjadi Anak Hebat, yaitu anak yang pandai, berani dan baik hati meskipun mereka harus berada di rumah dengan segala keterbatasan yang ada selama pandemi berlangsung. 

BEBELAC berharap kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan di bulan Ramadhan ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi anak-anak Indonesia untuk dapat hidup sehat dan bahagia serta memberikan inspirasi bagi para orang tua untuk mengajarkan si Kecil berbuat kebaikan kepada sesama yang juga akan berdampak pada kemampuan interaksi sosialnya di masa mendatang sehingga ia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia”, jelas Anissa sebagai perwakilan dari BEBELAC.

Melalui program ini, Mom bisa memenuhi kebutuhan si kecil sekaligus berbagi kepada anak-anak lainnya di seluruh Indonesia.






::





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku Orang-Orang Bloomington

Untuk para pecinta buku dan sastra, pasti sudah hapal dengan sosok penulis buku satu ini, yaps, buku yang ditulis oleh penulis kenamaan Indonesia yaitu Budi Darma ini berjudul Orang-Orang Bloomington yang berisi kumpulan cerpen yang terinspirasi dari pengalaman penulis sendiri selama tinggal di Amerika terutama saat tinggal beberapa saat di Bloomington. Cover Buku Orang-Orang Bloomington Cerpen-cerpen di dalamnya memuat alur yang menarik dengan ending mengejutkan dan saya pun berusaha membuat resensinya yang ketika itu berhasil dimuat Koran Jakarta pada tanggal 30 November 2016. Oh iya, waktu mengirim resensi ini, judul awal saya buat sebagai Kompleksitas Masa Tua dan Nurani Manusia dan oleh pihak koran diedit sedikit untuk judulnya.  Berikut isi draft resensinya : Kompleksitas Konflik Kehidupan Manusia Bagi sebagian besar orang, kesepian dan seorang diri di masa tua menjadi momok menakutkan dalam hidup. Padahal jika direnungi lebih lanjut, pada hakikatnya menjadi tua adalah suatu keni

Kampanye #KejuAsliCheck Mengedukasi Cara Tepat Memilih Keju

Pertama kali membaca tagar #KejuAsliCheck di sosial media, jujur saya sempat tertegun dan bertanya-tanya sendiri, apa benar ada keju yang tidak asli.  Meski begitu, kampanye #KejuAsliCheck ini terdengar unik dan menggelitik saya untuk mencari tahu lebih jauh perihal keaslian sebuah keju. Sempat kepikiran juga apakah merk keju yang biasa saya dan keluarga konsumsi termasuk keju asli atau tidak. Jadi bikin kepo-lah intinya. Cari tahu lebih lanjut, saya pun baru tahu kampanye #KejuAsliCheck ini berasal dari keju KRAFT sebagai brand keju unggulan di Indonesia (Loh, loh, ini mah merk keju favorit saya). Keju KRAFT pun sebelumnya telah melakukan survei kepada konsumen. Dan hasilnya lebih dari 61% konsumen tidak mengetahui bahwa produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Dari hasil survey ini pula, keju KRAFT menghadirkan kampanye #KejuAsliCheck agar para ibu bisa lebih  aware  dalam membaca label pangan pada kemasan keju terutama keju cheddar yang memang sanga

Dongeng Aku dan Kau dan Stimulasi Positif Tumbuh Kembang Anak

Setiap kali mendengar kata dongeng, saya akan langsung teringat dengan masa kecil dulu, saat-saat di mana ibu saya telaten membacakan dongeng sebelum tidur. Hal itu menjadi kebiasaan setiap malam dan lama kelamaan menjadi ritual wajib saya sebelum tidur. Saat ibu tidak sempat mendongeng, saya akan merasa tidak bisa tidur dan tetap menunggu di atas kasur sampai dongeng dibacakan.  Jadilah Bapak atau salah satu kakak saya akan membacakannya bergantian setiap kali ibu tak bisa. Selain bercerita tentang kisah para nabi, beberapa dongeng seperti Dongeng Kancil dan Pak Tani,  Gadis Kecil Berkerudung Merah, Boneka Pengupas Kacang adalah beberapa judul yang sering ibu bacakan setiap malam.  Dan acara virtual siaran pers bersama Dancow dengan tema Indonesia Mendongeng pada Kamis, 2 September lalu kembali mengingatkan saya pada masa kecil dulu yang erat dengan buku dan cerita.  Dan setelah peluncurannya pada 15 tahun lalu, Nestle Dancow kembali menghidupkan program dongeng Aku dan Kau untuk memb